Pengertian Kreativitas
kreativitas adalah suatu proses
yang menghasilkan sesuatu yang baru, apakah suatu gagasan atau suatu
objek dalam suatu bentuk atau susunan yang baru dan dapat dilihat atau
didengar oleh orang lain. Pada definisi ini lebih menekankan pada aspek
proses perubahan (inovasi dan variasi).
Mulyadi (2004) seorang psikolog
perkembangan anak mengatakan, kreativitas sebagai kemampuan untuk
membuat kombinasi baru berdasarkan data, informasi atau unsur-unsur yang
ada. Kreativitas juga bisa diartikan sebagai kemampuan yang
mencerminkan kelancaran, keluwesan, dan orisinalitas dalam berpikir.
Menurut Guilford (dalam Munandar, 2004)
bahwa orang-orang kreatif lebih banyak memiliki cara-cara berpikir
divergen daripada konvergen. Lebih lanjut Guilford mengemukakan dua ciri
berfikir, yaitu : cara berpikir konvergen dan divergen. Cara berpikir
konvergen adalah cara-cara individu dalam memikirkan sesuatu dengan
berpandangan bahwa hanya ada satu jawaban yang benar. Sedangkan cara
berpikir divergen adalah kemampuan individu untuk mencari berbagai
alternatif jawaban terhadap suatu persoalan. Dalam kreativitas, Selain
itu Guilford (dalam Munandar 1999) juga menerangkan bahwa kreativitas
merupakan kemampuan atau kecakapan yang ada dalam diri seseorang, hal
ini erat kaitannya dengan bakat.
Kreativitas menurut Rhodes (dalam
Munandar, 1999) dapat didefinisikan ke dalam empat jenis dimensi sebagai
konsep kreativitas dengan pendekatan empat P (Four P’s Creativity),
yang meliputi dimensi person, process, press dan product dimana
kreativitas dalam dimensi person adalah upaya mendefinisikan kreativitas
yang berfokus pada individu atau person dari individu yang dapat
disebut dengan kreatif, kreativitas dalam dimensi process merupakan
kreativitas yang berfokus pada proses berpikir sehingga memunculkan
ide-ide unik atau kreatif, kreativitas dalam dimensi press merupakan
kreativitas yang menekankan pada faktor press atau dorongan, baik
dorongan internal diri sendiri berupa keinginan dan hasrat untuk
mencipta atau bersibuk diri secara kreatif, maupun dorongan eksternal
dari lingkungan sosial dan psikologis. Mengenai “press” dari lingkungan,
ada lingkungan yang menghargai imajinasi dan fantasi, dan menekankan
kreativitas serta inovasi. kreativitas dalam dimensi product adalah
merupakan upaya kreativitas yang berfokus pada produk atau apa yang
dihasilkan oleh individu baik sesuatu yang baru/original atau sebuah
elaborasi/penggabungan yang inovatif dan kreativitas yang berfokus pada
produk kreatif menekankan pada orisinalitas.
Berdasarkan beberapa definisi di atas
maka dapat disimpulkan kreativitas adalah kemampuan untuk membuat
sesuatu hal yang baru berdasarkan data,
informasi/unsur-unsur/karya-karya yang telah ada sebelumnya, dalam
menemukan banyak kemungkinan jawaban terhadap suatu masalah, dimana
penekanannya adalah pada kelancaran, keluwesan, orisinalitas dalam
berpikir serta mengelaborasi suatu gagasan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar